Masyarakat Ekonomi ASEAN

Persaingan ekonomi dan tenaga kerja semakin meningkat di akhir tahun 2015 lalu. semua itu akan mempengaruhi masyarakat tentunya dengan orang-orang yang sedang sibuk bekerja dengan sektor khusus keahliaannya.

Sepuluh tahun silam, para pemimpin Asean sepakat membentuk sebuah pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015. Hal ini dilakukan agar daya tarik asing Asean bisa menyaingi negara China dan juga India. Penanaman modal asing ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan juga kesejahteraan di ASEAN.

Pembentukan pasar tunggal ini yang biasa diistilahkan dengan Ekonomi Asean (MEA) ini nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat.

Hal ini sangat mempengaruhi Indonesia karena masyarakat ekonomi Asean tidak hanya membuka arus perdagangan barang, tetapi juga jasa seperti Dokter, Pengacara, Akutan dan sebagainya. Oleh karena itu, apakah Indonesia mampu bersaing dengan negara negara Asean yang lain?

Sejumlah pimpinan asosiasi profesi mengaku cukup optimistis bahwa tenaga kerja ahli di Indonesia cukup mampu bersaing.

Dalam mengantisipasi arus tenaga kerja asing, diberlakukan sejumlah syarat yang ditentukan antara lain kewajiban berbahasa Indonesia dan sertifikasi lembaga profesi terkait di dalam negeri. Sumber: (www.bbc.com)

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s