Mengapa Rachmat Gobel yang kinerjanya baik bisa diganti?

Di indonesia, permasalahan perdagangan sedang menurun, banyaknya impor menjadikan rupiah menjadi turun. Oleh karena itu, Gobel mumbuat kinerja agar menaikkan tingkat ekspor dinegara ini. Namun, karena hal tersebut, Presiden Joko Widodo mengganti beliau dengan Thomas Lembong.

Profesor Greg Fealy dari Australian National University mengatakan, penggantian Rachmat Gobel dinilai penting. Dia menilai, Gobel kekurangan kemampuan perencanaan dan kerap melakukan pengetatan yang tidak wajar.DARWIN, KOMPAS.com

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengatakan, reshuffle atau perombakan kabinet adalah hak Presiden Joko Widodo. Ia mengaku tidak tahu apakah Presiden dalam waktu dekat berencana melakukan perombakan kabinet yang sudah enam bulan berjalan ini.

Rachmat Gobel mengaku sama sekali tidak pernah memikirkan hal tersebut. Ia memilih untuk fokus bekerja, ketimbang memikirkan masalah jabatan.”Saya tidak pernah memikirkan itu (reshuffle). Saya hanya menjalankan tugas sesuai dengan saya punya tugas, membuka pasar meningkatkan ekspor dan memperkuat pasar domestik,” ujarnya.JAKARTA, KOMPAS.com

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus pun menyayangkan Presiden Jokowi yang mencopot Rachmat Gobel sebagai Mendag dan diganti dengan Thomas Trikasi Lembong.  Sebab menurut dia, kinerja Rachmat Gobel selama ini sangat positif. Gobel berusaha memperkuat peran negara dan memberdayakan Badan Urusan Logistik (Bulog) sebagai penyangga pangan nasional. Selain itu, kebijakan-kebijakan Kemendag di bawah Rachmat Gobel selalu mengarah untuk melindungi produk-produk lokal dari merebaknya produk luar negeri. Karenanya, tak pelak kebijakan tersebut kerap membuat Gobel bermusuhan dengan para mafia impor. -JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)

Dilihat dari pernyataan-pernyataan tersebut, sepertinya memang ada faktor-faktor yang membuat perubahan di Indonesia ini dan memang sebaiknya hal ini tidak terjadi. tapi apa boleh buat, semua sudah terjadi.

^^

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s